banner 728x250
Daerah  

Dugaan Pungli Dinas Pendidikan Berujung Penggilan Oleh Inspektorat Kab Bekasi

Kabupaten Bekasi – Imbas laporan adanya dugaan pungli di lingkungan sekolah yang berada di kabupaten Bekasi,insfektorat kabupaten Bekasi memanggil pihak pelapor tim investigasi komunitas aktifis muda Indonesia pada Kamis siang 02 Maret 2023.

Adanya dugaan pungli di Rapat Kerja dan Anggaran Sekolah(RKAS) Dana bantuan Operasional tahun 2023 di Sekolah SMPN 11 Tambun Selatan Dan Sekolah 1 Cikarang Selatan, Petugas Inspektorat menanyakan Kronologi dugaan Pungli di Rapat (RKAS) Tersebut pada tim investigas KAMI.

Di dampingi Ketua umum Komunitas Aktivis Muda Indonesia(PB KAMI) Sultoni, Tim Investigasi PB KAMI, Mansur Ray. Di periksa oleh petugas Inspektorat, dengan menyerahkan barang bukti yang ada di lapangan. Seperti, Kwitansi, Buku daftar tamu untuk rapat Rancangan Kerja dan Anggaran Sekolah dan lain nya.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Bekasi. Tim Investigasi dari PB KAMI menjelaskan peristiwa tentang rapat Rancangan Kerja dan Anggaran Sekolah yang menggunakan kwitansi yang di gunakan untuk komsumsi peserta rapat,Padahal dalam rapat kerja anggara. biasanya sudah di anggarkan.

“aneh saja dunia pendidikan di kabupaten Bekasi,sudah jelas setiap kegiatan pasti sudah ada anggrannya, malah oleh oknum di mintai kembali dengan dalih untuk konsumsi para peserta rapat”ucap Sultoni.

“yang beraninya oknum tersebut meminta sejumlah uang dengan Berani nya mengeluarkan kwitansi pada setiap peserta rapat yang hadir” tambah Sultoni.

Dengan di mintai keterangan Tim Investigasi dari (PB KAMI) oleh Inspektorat,bertujuan untuk memastikan peristiwa kejadian dugaan pungli di dalam Rapat Rencana Kerja Dan Anggaran Sekolah. Setiap subrayon satu hingga tujuh di bawah dinas pendidikan kabupaten bekasi.

rencananya inspektorat dalam waktu dekat. Inspektorat Kabupaten Bekasi. Akan memanggil Kepala Subrayon yang berada di Tambun Selatan dan Cikarang Selatan. Untuk di mintai keterangan tentang kwitansi yang ada dalam rapat Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah.

Sedangkan Ketua umum PB KAMI Sultoni. Menyatakan, akan mengawal terus kasus dugaan pungli di rapat Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah . agar memberi efek jera Kepada para pelaku-pelaku pungli yang ada dapat rapat. Dan meminta kepada Inspektorat untuk terang benderang dalam pemeriksaan dugaan pungli di dalam rapat tersebut(mul).