banner 728x250
Daerah  

Pentas Seni budaya Reog Ponorogo Hadir di kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi – Pengurus pengayuban Reog Ponorogo, melaksanakan kegiatan pentas seni dan budaya sekaligus perigati puncak hari jadi Sedulur Warok Ponorogo (SWP) Kabupaten Bekasi yang ke-2.

Dalam kegiatan puncak hari jadi pengayuban Sedulur Warik Ponoroga (SWP) di lkasanakan di Distrik 1 Maikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi,” pada Minggu (26/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut Susiwijono Moegiarso SE mm pembina swp Sesmenko,Asep Saepulloh / pembina dan juga ketua PGRI kabupaten Bekasi,kepala Kabinda Jabar dan juga ketua umum Reog Ponorogo.

Selain memperingati puncak hari jadi Sedulur Warok Ponorogo (SWP) Kabupaten Bekasi, pengayuban itu menggelar pertunjukan tarian dan Reog Ponorogo asli budaya dari Jawa Timur.

Pertunjukan itu bertujuan memperkenalkan kesenian budaya Reog Ponorogo dan mempererat tali silahturahmi masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Tepat di puncak perayaan hari jadi Pengayuban Sedulur Warok yang kedua ini, kita ingin menyebarluaskan dan memperkenalkan keberadaan seni dan budaya asli Ponorogo kepada masyarakat,” ucap Ketua Pengayuban Sedulur Warok Ponorogo Kabupaten Bekasi, Agus Gunawan.

Dikatakan Agus Gunawan, Pengayuban Sedulur Warok Ponorogo (SWP) yang dimana anggotanya kurang lebih berjumlah 2650 orang di Bekasi, tentunya dirinya ingin jaga silahturahmi masyarakat Ponoroga.

Disisi lain, tarian Reog ini menampilkan sosok topeng macan berhias bulu merak berukuran sangat besar. Topeng tersebut dikenakan penari dengan gerakan meliuk-liuk

Sesuai namanya tarian Reog Ponorogo adalah seni tradisional yang cukup dikenal masyarakat nusantara yang  merupakan kebudayaan asal Ponorogo, Jawa Timur(rafi).